Jobdesk Manajemen BMT Cengkareng

URAIAN TUGAS / JOB DESCRIPTION

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH

Adil & Menentramkan...ūüôā


KETUA

Fungsi Utama Jabatan

Melakukan control/pengawasan secara keseluruhan atas aktivitas lembaga dalam rangka menjaga kekayaan BMT CENGKARENG dan memberikan arahan dalam upaya lebih mengembangkan dan meningkatkan kualitas BMT CENGKARENG.

Tanggung Jawab

  1. Bertanggung jawab atas aktivitas BMT CENGKARENG dan melaporkan perkembangan unit BMT CENGKARENG kepada seluruh anggota mekanisme rapat yang disepakati.
  2. Terseleksinya calon karyawan sesuai dengan formasi yang dibutuhkan dan mengeluarkan Surat Keputusan Pengangkatan/Pemberhentian Karyawan.
  3. Terkendalinya aktivitas simpan pinjam di BMT CENGKARENG.
  4. Terjaganya kondisi kerja yang aman,nyaman di BMT CENGKARENG.
  5. Terbukanya hubungan kerjasama dengan pihak-pihak luar dalam rangka mengembangkan usaha BMT CENGKARENG.
  6. Menjaga BMT CENGKARENG agar dalam aktivitasnya senantiasa tidak lari dari visi dan misinya.
  7. Meningkatkan kualitas SDM BMT CENGKARENG.

Tugas-Tugas Pokok

  1. Bertanggungjawab atas aktivitas BMT CENGKARENG dan melaporkan perkembangan unit BMT CENGKARENG kepada seluruh anggota melalui mekanisme rapat yang disepakati.

a.1 Melakukan pengawasan dan pertemuan bulananan .triwulan /semester untuk membahas capaian target BMT CENGKARENG serta kendala-kendala yang dihadapi BMT CENGKARENG.

b.2 memberikan masukan pada pengelola mengenai strategi-strategi yang dapat dikembangkan BMT CENGKARENG dalam pencapaian target.

b.3 Membantu pengelola melakukan evaluasi dan menyusun perencanaan BMT CENGKARENG.

b.4 mendapatkan data dan mempersiapkan bahan dan agenda rapat anggota untuk melaporkan perkembangan BMT CENGKARENG.

b.5 Menyelenggarakan rapat anggota dan melaporkan perkembangan BMT CENGKARENG secara periodik (triwulan/semester/tahunan) kepada anggota BMT CENGKARENG.

b.6 mengajukan rencana kerja dan anggaran pendapatan/ belanja BMT CENGKARENG pada musyawarah anggota.

  1. Terseleksinya calon karyawan sesuai dengan formasi yang dibutuhkan dan mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan/pemberhentian karyawan.

b.1 Melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan dan kebutuhan akan penambahan SDM.

b.2 membuka peluang kesempatan kerja secara terbuka apabila masih dibutuhkan formasi di BMT CENGKARENG.

b.3 Melakukan tahap-tahap rekruitmen hingga seleksi karyawan sesuai dengan aturan yang berlaku.

b.4Mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan atau pemberhentian karyawan.

  1. Terkendalinya aktivitas simpan pimjam di BMT CENGKARENG.

c.1 Mengawasi secara keseluruhan aktivitas BMT CENGKARENG.

c.2 Melakukan penilaian terhadap aktivitas BMT CENGKARENG dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan BMT CENGKARENG.

c.3 Mengatur dan melakukan segala tindakan-tindakan dalam rangka menjaga dan melindungi kekayaan BMT CENGKARENG.

  1. Terjaganya kondisi kerja yang aman, nyaman di BMT CENGKARENG.

d.1 Merencanakan dan merancang sistem hubungan kerja yang memotivasi karyawan untuk bekerjasama dalam mencapai sasaran lembaga.

d.2 Memperhatikan keluhan karyawan dalam hal kerjasama tim dalam mencapai target kerja.

  1. Terbukanya kerjasama dengan pihak-pihak luar dalam rangka mengembangkan usaha BMT CENGKARENG.

e.1 Mencari peluang dan membuka kerjasama dengan pihak lain (lembaga/perorangan) yang dapat secara langsung ataupun tidak langsung memenuhi kebutuhan lembaga (seperti funding untuk likuiditas ataupun kerjasama pembiayaan).

e.2 Mempertahankan kerjasama yang telah terjalin dalam lmbaga-lembaga sejenis.

e.3 Melakukan hubungan kelembagaan dengan pihak eksternal baik pemerintah ataupun swasta.

  1. Menjaga agar dalam aktivitas BMT CENGKARENG tidak lari dari visi dan misinya.

f.1 Melakukan pengawasan terhadap aktivitas BMT CENGKARENG dan memastikan aktivitas BMT CENGKARENG konsisten dengan visi dan misinya.

f.2 Melakukan evaluasi bersama dengan Dewan syari’ah atas prinsip-prinsip syari’ah yang diterapkan dalam aktivitas simpan pinjamnya.

  1. Meningkatkan kualitas SDM BMT CENGKARENG

g.1 mengadakan kajian-kajian / diskusi secara internal ataupun mengundang pihak tertentu dengan tema yang relevan yang berdampak secara langsung / tidak langsung bagi peningkatan pengetahuan dan wawasan SDM.

g.2 Megirimkan karyawan BMT CENGKARENG dalam paket-peket pelatihan / seminar / lokakarya yang diselenggarakan pihak-pihak tertentu sehubungan dengan peningkatan skill dan wawasan SDM sesuai dengan bidangnya.

Wewenang

  1. Menyetujui  / menolak pengajuan pengeluaran biaya dengan alasan-alasan yang dapat diterima.
  2. Menyetujui / menolak pengajuan biaya (hasil rapat komite) apabila dianggap dapat merugikan lembaga.
  3. Menyetujui / menolak pengajuan pembelian aktiva tetap.
  4. Menyetujui / menolak pencairan dropping pembiayaan sesuai dengan batasan wewenang.
  5. Menyetujui / menolak penggunaan keuangan yang dianjurkan yang tidak melalui prosedur.
  6. Memberikan teguran dan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan manajemen pengelola.
  7. Melakukan penilaian dan evaluasi atas prestasi karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  8. Memberikan keputusan promosi, rotasi dan PHK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  9. Mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan dan atau pemberhentian karyawan.
  10. Mengadakan kerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan lembaga dalam upaya mencapai target proyeisi dan tidak merugikan lembaga.
  11. Memutuskan menolak atau menerima kerjasama dengan pihak lain dalam sesuai dengan kegiatan utama BMT CENGKARENG (simpan pinjam).

SEKRETARIS

Fungsi Utama Jabatan

Melakukan pengelolaan pengadministrasian segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas Badan Pengurus.

Tanggung Jawab

  1. Mengadministrasikan seluruh berkas yang menyangkut keanggotaan BMT CENGKARENG.
  2. Semua surat-surat masuk dan keluar, khususnya yang berkaitan dengan Badan Pengurus.
  3. Merencanakan rapat rutin koordinasi dan evaluasi kegiatan Badan Pengurus.
  4. Mendistribusikan setiap hasil rapat Pengurus/anggota kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Tugas-Tugas Pokok

  1. Mengadministrasikan seluruh berkas yang menyangkut keangotaan BMT CENGKARENG.

a.1 Melakukan pendataan ulang terhadap anggota baru BMT CENGKARENG.

a.2 Melakukan penghimpunan biodata atau kelengkapan administrasi anggota BMT CENGKARENG.

a.3 Melakukan registrasi keanggotaan BMT CENGKARENG.

  1. Mengadministrasikan semua surat masuk dan keluar yang berkaitan dengan aktivitas Badan Pengurus.

b.1 Melakukan kegiatan administrasi surat masuk dan keluar.

b.2 Membuat kebijakan system administrasi pada tingkat Badan Pengurus.

b.3 Mengadministrasikan dokumen lembaga yang sifatnya permanen, seperti akte pendirian.

b.4 Membuat Surat Keputusan atau persetujuan Ketua Pengurus untuk pengangkatan Karyawan yang ditandatangani Ketua Badan Pengurus.

b.5 Mengadministrasikan seluruh Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Pengurus.

  1. Merencanakan rapat rutin koordinasi dan evaluasi kegiatan Badan Pengurus.

c.1 Menyusun kalender kerja Badan Pengurus bersama ketua dan bendahara.

c.2 Mengatur rencana rapat dengan agenda yang disepakati dan evaluasi kegiatan Badan Pengurus.

  1. Mendistribusikan hasil rapat pengurus kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

d.1 Membuat notulasi pada setiap rapat.

d.2 Mendokumentasikan notulasi dan mendistribusikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

Wewenang

  1. menandatangani undangan rapat.
  2. Mendokumentasikan arsip penting mengenai kepengurusan.
  3. Mendistribusikan hasil notulasi rapat pada seluruh pihak yang berkepentingan.

BENDAHARA

Fungsi Utama Jabatan

Melakukan pengelolaan keuangan BMT CENGKARENG secara keseluruhan diluar unit-unit yang ada.

Tanggung Jawab

  1. Mengeluarkan laporan keuangan BMT CENGKARENG kepada pihak tang berkepentingan.
  2. Memberikan laporan mengenai perkembangan simpanan wajib dan simpanan pokok anggota.

Tugas ‚ÄďTugas Pokok

  1. Mengeluarkan laporan keuangan BMT CENGKARENG kepada pihak yang berkepentingan.

a.1 Membuat laporan keuangan BMT CENGKARENG (simpan pinjam dan sektor riil).

a.2 Melakukan analisis bila diperlukan dan memberikan masukan pada Rapat Badan Pengurus mengenai perkembangan BMT CENGKARENG dari hasil laporan keuangan yang ada.

  1. Memberikan laporan mengenai perkembangan simpanan wajib dan simpanan pokok anggota.

b.1 Melakukan evaluasi terhadap perkembangan simpanan pokok dan wajib.

b.2 Mendata ulang anggota yang masih belum melunasi kewajibannya dalam menyetor simpanan pokok dan simpanan wajib.

b.3 Melakukan koordinasi dengan sekretaris bila diperlukan mengenai kondisi anggota.

Wewenang

  1. Mengeluarkan laporan  keuangan BMT CENGKARENG untuk keperluan intern.
  2. Melakukan analisis keuangan BMT CENGKARENG.

PENGAWAS SYARI’AH

FUNGSI UTAMA JABATAN

Memberikan fatwa, penjelasan, informasi dan pandangan-pandangan yang dianggap perlu dalam hal ketepatan pola, akad, dan transaksi-transaksi lainya di BMT CENGKARENG dengan Syari’ah Islam sebagai dasar pedoman operasional BMT CENGKARENG.

TANGGUNGJAWAB

Terevaluasinya pelaksanaan operasional BMT CENGKARENG dalam periode tertentu baik dalam hal manajemen maupun akad-akad Syari’ah BMT CENGKARENG.

TUGAS POKOK

a Terdisposisikannya produk-produk BMT CENGKARENG sesuai Syari’ah.
b Terevaluasinya program-program BMT CENGKARENG
c Membantu pengelola dalam rangka sosialisasi ekonomi Syari’ah kepada masyarakat.

KEWENANGAN

a Melakukan evaluasi dan monitoring terhadap operasional BMT CENGKARENG
b Memberikan keputusan dan pandangan terhadap ketepatan produk-produk Syari’ah BMT CENGKARENG.
c Memberikan rekomendasi terhadap kelayakan kerjasama dengan pihak ke tiga khususnya dalam hal kesesuaiannya dengan prinsip Syari’ah Islam.
d Melakukan pengawasan langsung maupun berjenjang dalam hal operasional & keuangan BMT CENGKARENG.

INTERNAL AUDITOR/ PENGENDALI INTERNAL

FUNGSI UTAMA JABATAN

Melakukan pengawasan secara periodik atas aktivitas operasional dan keuangan, sehingga dapat dipastikan aktivitas operasional dan keuangan BMT CENGKARENG berjalan sesuai prosedur yang berlaku di BMT CENGKARENG dan terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat mengancam keberlangsungan BMT CENGKARENG.

TANGGUNGJAWAB

Terevaluasinya sistem operasional & keuangan sehingga dipastikan sistem operasional dapat dijalankan dengan baik.

TUGAS POKOK

a Terrealisasikannya pemeriksaan operasional dan keuangan .
b Memberikan catatan, pandangan dan saran-saran yang dipandang perlu dalam rangka pelaksanaan sistem standar operasional BMT CENGKARENG.
c Memberikan teguran / peringatan kepada Manajemen/ pengelola/ pengurus, apabila ditemukan terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan standar operasional prosedur.
d Melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam hal penanganan masalah yang timbul dalam pelaksanaan standar operasional prosedur BMT CENGKARENG

WEWENANG

a Melakukan pemeriksaan laporan keuangan dan operasional BMT CENGKARENG baik secara fisik, administratif, maupun berjenjang antar bagian.
b Memberikan catatan, pandangan dan saran-saran yang dipandang perlu dalam rangka pelaksanaan sistem standar operasional BMT CENGKARENG.
c Memberikan teguran / peringatan kepada Manajemen/ pengelola/ pengurus, apabila ditemukan terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan standar operasional prosedur.
d Memberikan rekomendasi dan bahan pertimbangan kepada Pimpinan untuk mengambil langkah, kebijakan, keputusan yang dipandang perlu dalam rangka menjaga keberlangsungan BMT CENGKARENG.

GENERAL MANAGER (MANAGER UMUM)

1. FUNGSI UTAMA JABATAN

Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh aktivitas lembaga yang meliputi penghimpunan dana dari Pihak ketiga serta penyaluran dana yang merupakan kegiatan utama lembaga serta kegiatan-kegiatan langsung berhubungan dengan aktivitas utama tersebut dalam upaya mencapai  target.

2. TANGGUNG JAWAB

2.1 Tersusunnya sasaran, rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, serta proyeksi keuangan maupun non keuangan.
2.2 Tercapainya target yang telah ditetapkan secara keseluruhan.
2.3 Terselenggaranya penilaian prestasi kerja karyawan.
2.4 Tercapainya lingkup kerja yang nyaman untuk semua pekerja yang berorientasi pada pencapaian target.
2.5 Terjalinnya kerjasama dengan pihak lain dalam rangka memenuhi kebutuhan lembaga.
2.6 Terjaganya keamanan dana-dana masyarakat yang dihimpun dan pembiayaan yang diberikan serta seluruh asset BMT CENGKARENG.
2.7 Menjaga BMT CENGKARENG agar dalam aktivitasnya senantiasa tidak lari dari Visi & Misinya.

3. TUGAS POKOK

3.1 Tersusunnya sasaran, rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, serta proyeksi keuangan dan non keuangan.3.1.1 Menentukan sasaran/ target jangka pendek dan jangka panjang.

3.1.2 Merencanakan dan menyusun rencana kerja jangka pendek 1 Tahun dan jangka panjang 3 Tahun.

3.1.3 Menyusun rencana anggaran jangka pendek dan jangka panjang.

3.1.4 Mempresentasikan rencana jangka pendek dan jangka panjang kepada Pengurus, dan anggota BMT CENGKARENG.

3.2 Tercapainya target yang telah ditetapkan secara keseluruhan.3.2.1 Memonitor dan memberikan arahan /masukan terhadap upaya pencapaian target.

3.2.2 Mengevaluasi seluruh aktivitas dalam rangkaian pencapaian target.

3.2.3 Menindaklanjuti hasil evaluasi.

3.2.4 Menemukan dan menentukan strategi-strategi baru dalam upaya mencapai target.

3.2.5 Membuka peluang/ akses kerjasama dengan dengan jaringan/ lembaga lain dalam upaya mencapai target.

3.3 Terselenggaranya penilaian prestasi kerja karyawan3.3.1 Menetapkan tujuan penilaian prestasi kerja.

3.3.2 Melakukan penilaian prestasi kerja karyawan.

3.4 Tercapainya lingkup kerja yang nyaman untuk semua pekerja yang berorientasi pada pencapaian target.3.4.1 Merencanakan dan merancang sistem hubungan kerja yang memotivasi karyawan untuk bekerjasama

dalam mencapai sasaran lembaga.

3.4.2 Memperhatikan keluhan kantor layanan dalam hal kerjasama untuk mencapai sasaran.

3.4.3 Mengevaluasi pola hubungan kerjasama antar karyawan/ antar kantor.

3.5 Terjalinnya kerjasama dengan pihak lain dalam rangka memenuhi kebutuhan lembaga.3.5.1 Mencari peluang dan membuka kerjasama dengan pihak lain (lembaga/ perorangan) yang dapat secara langsung ataupun tidak langsung memenuhi kebutuhan lembaga (seperti funding untuk likuiditas ataupun kerjasama pembiayaan).

3.5.2 Mempertahankan kerjasama yang telah dijalin dengan lembaga-lembaga sejenis.

3.6 Terjaganya keamanan dana-dana masyarakat yang dihimpun dan pembiayaan yang diberikan serta seluruh asset BMT CENGKARENG.3.6.1 Mengupayakan terjaganya likuiditas dengan mengatur manajemen dana seoptimal mungkin hingga  tidak terjadi dana rush maupun idle.

3.6.2. Mengupayakan strategi-strategi khusus dalam penghimpunan dana dan penyaluran dana.

3.6.3  Mengupayakan strategi-strategi baru dan handal dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah.

3.6.4 Melakukan kontrol terhadap seluruh harta BMT CENGKARENG.

4. WEWENANG

4.1 Memimpin rapat komite untuk memberikan keputusan terhadap pengajuan pembiayaan.
4.2 Menyetujui/ menolak secara tertulis pengajuan rapat komite secara musyawarah dengan alas an-alasan yang jelas.
4.3 Menyetujui/ menolak pencairan/ dropping pembiayaan sesuai dengan batasan wewenang.
4.4 Menyetujui pengeluaran uang untuk pembelian aktiva tetap sesuai dengan batas wewenang.
4.5 Menyetujui pengeluaran uang kas kecil dan biaya operasional lain sesuai batas wewenang.
4.6 Menyetujui / menolak penggunaan keuangan yang diajukan yang tidak melalui prosedur
4.7 Memberikan teguran dan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan bawahan.
4.8 Melakukan penilaian prestasi karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.9 Melakukan Rekruitmen, promosi, rotasi dan PHK sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.10 Mengadakan kerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan lembaga dalam upaya mencapai target proyeksi dan tidak merugikan lembaga.
4.11 Memutuskan menolak atau menerima kerjasama dengan Pihak lain sesuai dengan kegiatan utama BMT CENGKARENG dengan alasan-alasan yang jelas.

MANAGER MARKETTING

1. FUNGSI UTAMA JABATAN

Merencanakan, Mengarahkan, serta mengevaluasi target penghimpunan dana dan pembiayaan BMT CENGKARENG serta memastikan strategi yang digunakan tepat dalam upaya mencapai sasaran termasuk dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah.

2. TANGGUNG JAWAB

2.1 Tercapainya target marketing baik funding maupun lending
2.2 Terselenggaranya rapat marketing dan terselesaikannyannya permasalahan ditingkat marketing
2.3 Menilai dan mengevaluasi kinerja bagian marketing
2.4 Melakukan penilaian terhadap potensi pasar dan pengembangan pasar

3. TUGAS POKOK

3.1 Tercapainya target marketing baik funding maupun lending3.1.1  Membuat terget-targetyang ingin dicapia dengan melihat kapasitas AO yang ada

3.1.2  Melakukan pemantauan terhadap hasil yang dicapai AO sesuai target yang diberikan

3.1.3  Melakukan evaluasi terhadap hasil yang dicapai A/O atas yang yang diberikan

3.1.4  Memberikan masukan dan perbaikan jika diperlukan

3.2 Terselenggaranya rapat merketing dan terselesaikannya permasalahan ditingkat marketing3.2.1 Membuat jadwal rutin rapat marketing dan memastikan agenda-agenda yang penting untuk dibahas

3.2.2 Memastikan seluruh bahan rapat sudah tersedia dan lengkap (data, daftar masalah dll)

3.2.3 Memimpin rapat

3.2.4 Memastikan diperoleh jalan keluar dan membahas masalah pada akhir rapat

3.2.5 Memastikan notulasi rapat dibuat dan terdokumentasi dengan baik

3.3 Menilai dan mengevaluasi kinerja bagian merketing3.3.1 Menciptakan alat kontrol untuk memudahkan penilaian kinerja bgian marekting .

3.3.2 Melakukan penilaian pada periode tertentu atas kinerja bagian marketing antara lain  meliputi capaian terget per AO/FO serta mencatat pelanggaran-pelanggaran dari sisi merketing yang dilakukan oleh AO/FO

3.4 Melakukan penilaian terhadap potensi pasar dan pengembangan pasar3.4.1 Secara berkala dan terrencana melakukan kunjungan pasar untuk melihat potensi-potensi yang perlu

dikembangkan

3.4.2 Bersama dengan manajer membicarakan peluang-peluang pasar yang ada dan kemungkinan

pengembangannya

4. WEWENANG

4.1 Memberi usulan untuk pengembangan pasar kepada manajer
4.2 Menentukan target funding dan lending bersama manajer
4.3 Meminpin dan menentukan agenda rapt merketing
4.4 Melakukan penilaian terhadap staff marketing

MANAGER  OPERASIONAL DAN KEUANGAN

1.FUNGSI UTAMA JABATAN

Merencanakan, mengarahkan, mengontrol serta mengevaluasi seluruh aktivitas dibidang operasional baik yang berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal yang dapat meningkatkan profesionalisme BMT CENGKARENG khususnya dalam pelayanan terhadap mitra maupun anggota BMT CENGKARENG

2.TANGGUNG JAWAB

2.1 Terselenggaranya pelayanan yang memuaskan (service excellent) kepada mitra / anggota BMT CENGKARENG
2.2 Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang ada dalam operasional BMT CENGKARENG.
2.3 Terbitnya laporan keuangan, laporan perkembangan pembiayaan dan laporan mengenai penghimpunan dana masyarakat secara lengkap, akurat, dan sah baik harian, bulanan ataupun sesuai dengan periode yang dibutuhkan.
2.4 Tearsipkannya seluruh dokumen-dokumen keuangan, dokumen lembaga, dokumen pembiayaan serta dokuemn penting lainnya.
2.5 Terarsipkannya surat masuk dan keluar serta notulasi rapat manajemen dan rapat operasional
2.6 Terselenggaranya seluruh aktivitas rumah tangga BMT CENGKARENG yang mendukung aktivitas BMT CENGKARENG.
2.7 Terselenggaranya absensi kehadiran karyawan dan didokumentasi hasil penilaian seluruh karyawan.

3. TUGAS POKOK

3.1 Terselenggaranya pelayanan yang memuaskan (service excellent)  kepada mitra / anggota BMT CENGKARENG3.1.1. Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan CS atas pelayanan yang diberikan kepada mitra BMT CENGKARENG.

3.1.2. Memberikan masukan dan arahan pada hal-hal yang berkenaan dengan pelayanan untuk meningkatkan

kualitas pelayanan terhadap mitra.

3.1.3. Memperhatikan masukan serta keluhan mitra atas pelayanan BMT CENGKARENG dan membahasnya pada tingkat rapat

operasional untuk mendapatkan jalan keluar.

3.1.4. Menyelesaikan sesegera mungkin apabila ada kasus yang berkaitan dengan mitra.

3.2 Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang ada dalam operasional BMT CENGKARENG.3.2.1. Mengagendakan dan memimpin rapat operasional bulanan untuk membahas rencana kerja operasional, target kerja, dan evaluasi secara keseluruhan serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada bagian operasional.

3.2.2. Mendokumentasikan hasil rapat bulanan sebagai bahan rujukan atas aktivitas selanjutnya.

3.2.3. Melakukan kontrol terhadap kesepakatan dan keputusan yang diambil dalam rapat.

3.3 Terbitnya laporan keuangan, laporan perkembangan pembiayaan dan laporan mengenai penghimpunan dana masyarakat secara lengkap, akurat, dan sah baik harian, bulanan ataupun sesuai dengan periode yang dibutuhkan.3.3.1. Memeriksa laporan harian, bulanan, dan mengesahkannya ( otorisasi).

3.3.2. Memeriksa laporan mengenai perkembangan pembiayaan, tingkat kelancaran pembiayaan, dan laporan

mengenai mitra-mitra yang bermasalah.

3.3.3. Membuat dan mengirimkan laporan keuangan BMT CENGKARENG atas persetujuan manager kepada pihak-pihak yang

berkepentingan.

3.4 Tearsipkannya seluruh dokumen-dokumen keuangan, dokumen lembaga, dokumen pembiayaan serta dokuemn penting lainnya3.4.1. Mengatur dan mengawasi system pengarsipan seluruh bagian operasional.

3.4.2. Menyimpan dokumen lembaga serta menjaga keamanannya seperti : akte pendirian lembaga, laporan-

laporan pajak, surat Keputusan, Berita Acara, Surat-surat perjanjian kerjasama dll.

3.4.3. Membuat mekanisme/system peminjaman untuk dokumen-dokumen berharga bila dibutuhkan.

3.4.4. Mengkaji system pengarsipan yang telah ada dalam upaya penyempurnaan.

3.5 Terarsipkannya surat masuk dan keluar serta notulasi rapat manajemen dan rapat operasional3.5.1. Memberikan nomor surat keluar serta mengarsipkannya.

3.5.2. Menerima surat masuk dan memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai perihal ini surat.

3.5.3 Menunjuk salah satu staff operasional untuk menjadi notulen dalam rapat managemen ataupun operasional.

3.5.4. Mendistribusikan hasil rapat kepada pihak-pihak terkait.

3.5.5. Mengarsipkan hasil notulen rapat sesuai dengan tempatnya.

3.6 Terselenggaranya seluruh aktivitas rumah tangga BMT CENGKARENG yang mendukung aktivitas BMT CENGKARENG.3.6.1. Melakukan perencanaan anggaran rumah tangga BMT CENGKARENG dan mengajukan kepada manager / Badan pengurus.

3.6.2. Melakukan evaluasi, komtrol, dan upaya-upaya penghematan apabila terjadi hal-hal di luar kebiasaan (pembengkakan biaya operasional).

3.6.3. Melakukan pengaawasan atas pembayaran kewajiban setiap akhir bulan seperti pembayaran rekening pajak dll.

3.7 Terselenggaranya absensi kehadiran karyawan dan dokumentasi hasil penilaian seluruh karyawan serta pengajuan gaji.3.7.1. Menbuat absensi setiap pergantian bulan.

3.7.2. Melakukan kontrol ( sebagai penyelia) atas absensi karyawan.

3.7.3. Membuat rekapitulasi kehadiran karyawan berkenaan dengan pengajuan gajinyang dibuat.

3.7.4. Membuat daftar gaji dan mengajukan pada manajer untuk disetujui oleh badan pengurus.

3.7.5. Mendokumentasikan seluruh arsip yang berkenaan dengan prestasi dan kondisi kerja karyawan ke

dalam masing-masing map file karyawan.

3.7.6. Melakukan rekapitulasi kondisi karyawan pada setiap akhir semester dengan arsip pendukung yang ada

sebagai bahan evaluasi terhadap karyawan yang bersangkutan.

4. WEWENANG

4.1 Mengeluarkan biaya opeasional rutin dalam batas wewenang.
4.2 Mengajukan biaya operasional dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan dibidang operasional kepada manajer untuk dipertimbangkan.
4.3 Menyetujui pengeluaran kas untuk penarikan tabungan dalam batas wewenang.
4.4 Melakukan control terhadap kehadiran karyawan.
4.5 Memeriksa seluruh laporan dalam bidang operasional
4.6 Menegur karyawan bidang operasional apabila bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4.7 Menyetujui pemotongan biaya administrasi tabungan untuk tabungan yang tidak termutasi selama 6 bulan atau sesuai dengan kebijakan BMT CENGKARENG.
4.8 Meminta pihak-pihak tertentu yang memegang tanggung ajwab dana BMT CENGKARENG ( uang muka biaya, TL pinjaman lainnya) untuk cepat menyelesaikannya, apabila waktu yang disepakati sudah tiba.
4.9 Memberikan masukan dan membantu bagian operasional lainnya yang memerlukan bantuan, dalam kapasitasnya sebagai Kabag.Operasioanl.

KEPALA KANTOR PELAYANAN PUSAT & CABANG

1. FUNGSI UTAMA JABATAN

Merencanakan, Mengarahkan, serta mengevaluasi  target pelayanan anggota BMT CENGKARENG setiap hari kerja dilingkungan kerja masing-masing.

2. TANGGUNG JAWAB

2.1 Terselenggaranya pelayanan yang memuaskan (service excellent) kepada mitra / anggota BMT CENGKARENG
2.2 Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang ada dalam operasional BMT CENGKARENG.
2.3 Terbitnya laporan keuangan, laporan perkembangan pembiayaan dan laporan mengenai penghimpunan dana masyarakat secara lengkap, akurat, dan sah baik harian, bulanan ataupun sesuai dengan periode yang dibutuhkan.
2.4 Tearsipkannya seluruh dokumen-dokumen keuangan, dokumen lembaga, dokumen pembiayaan serta dokuemn penting lainnya.
2.5 Terarsipkannya surat masuk dan keluar serta notulasi rapat manajemen dan rapat operasional
2.6 Terselenggaranya seluruh aktivitas rumah tangga BMT CENGKARENG yang mendukung aktivitas BMT CENGKARENG.

3. TUGAS POKOK & WEWENANG

3.1 Melakukan aktivitas operasional kantor sesuai tugas Manager Operasional dengan batas kewenangannya.
3.2 Melakukan aktivitas pembiayaan sesuai tugas Manager Marketing dengan batas kewenangannya.
3.3 Menyusun laporan baik operasional maupun keuangan secara rutin dan periodik
3.4 Melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap staf dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
3.5 Menyusun target-target operasional secara sistematis dan terukur.
3.6 Melakukan pemeliharaan atas aktiva baik berwujud maupun tidak berwujud.
3.7 Memberikan penilaian terhadap hasil kerja staf di bawahnya.
3.8 Melakukan pemeliharaan atas arsip-arsip penting BMT CENGKARENG.

ACCOUNT OFFICER (AO)

1.   FUNGSI UTAMA JABATAN

Melayani pengajuan pembiayaan, melakukan analisi kelayakan serta memberikan rekomendasi atas pengajuan pembiayaan sesuai dengan hasil analisa yang telah dilakukan

2.  TANGGUNG JAWAB

a.  Memastikan seluruh pengajuan pembiayaan telah diproses sesuai dengan proses sebenarnya

b.  Memastikan analisi pembiayaan telah dilakukan dengan tepat dan lengkap sesuai dengan kebutuhan dan

mempresentasikan dalam rapat komite

c.  Terselesaikannya pembiayaan bermaslah

d.  Melihat peluang dan potensi pasar yang ada dalam upaya pemgembangan pasar

e.  Melakukan penanganan atau angsuran pembiayaan yang dijemput ke lokasi pasar

3.¬† TUGAS ‚Äď TUGAS POKOK

a.  Memastikan seluruh pengajuan pembiayaan telah diproses sesuai dengan proses sebenarnya

a.1. Melayani pengajuan pembiayaan dan memberikan penjelasan mengenai produk pembiayaan

a.2. Melakukan pengumpulan informasi mengenai calon mitra melalui kegiatan wawancara dan on the spot (kunjungan lapangan)

a.3. Mengupayakn kelengkapan syarat

b. Memastikan analisi pembiayaan yang telah dilakukan dengan tepat dan lengkap sesuai dengan kebutuhan dan mempresentasikan dalam rapat komite

b.1. Membuat analisis pembiayaan secar tertulis dari hasil wawancara dan kunjungan lapangan

b.2. Memberikan penjelasan secar jelas dan lengkap atas pertanyaan dan saran peserta komite

c. Terselesaikannya pembiayaan bermasalah

c.1. Melakukan analisis bersama Kabag. Marketing atas pembiayaan-pembiayaan bermasalah

c.2. Membantu menyelesaikan pembiayaan bermasalah

d.  Melihat peluang dan potensi pasar yang ada dalam upaya pengembangan pasar

d.1. Memberikan masukan untuk pengembangan pasar dan memberikan gambaran mengenai potensi pasar yang ada

d.2. Menghimpun data-data yang relevan dengan kebutuhan untuk pengembangan pasar

d.3. Melakukan langkah-langkah secara terencana dan terkoordinasi dengan Kabag. Marketing dan bagian marketing lainnya dalam kaitannya dengan pengembangan pasar.

e.  Melakukan monitoring atas ketepatan alokasi dana serta ketepatan angsuran pembiayaan mitra

e.1. Melakukan monitoring pasca dropiping untuk melihat ketepatan alokasi dana

e.2. Melakukan monitoring angsuran mitra

e.3. Melakukan peringatan baik secara lisan maupun secara tertulis aatas keterlambatan angsuran mitra

4.  WEWENANG

a.  Memberi usulan untuk pengembangan pasar kepada manajer

b.  Menentukan target funding dan lending bersama manajer

c.  Meminpin dan menentukan agenda rapat merketing

d.  Melakukan penilaian terhadap staff marketing

FUNDING OFFICER /FO (PENGHIMPUNAN DANA)

1.  FUNGSI UTAMA JABATAN

Menerapkan strategi dan pola-pola tertentu dalam rangka menghimpun dana masyarakat

2. TANGGUNG JAWAB

2.1 Memastikan target funding tercapai sesuai rencana
2.2 Membuka hubungan dengan pihak/lembaga luar dalam rangka funding
2.3 Tersosialisasinya produk-produk funding di BMT CENGKARENG kepada masyarakat dan Pihak luar lainnya.

3. TUGAS POKOK

3.1 Memastikan target funding tercapai sesuai rencana3.1.1. Bersama dengan manajer menyusun target funding

3.1.2. Melakukan funding sesuai dengan rencana yang disepakati

3.1.3. Melakukan evaluasi terhadap aktivitas yang telah dilakukan

3.2 Membuka hubungan dengan pihak/lembaga luar dalam rangka funding3.2.1. Menghimpun informasi dan mendata peluang-peluang untuk mengakses dana dari pihak/lembaga yang dapat bekerjasama

3.2.2. Mengakses pihak-pihak yang berpotensi dalam menbantu penggalangan dana masyarakat.

3.2.3. Menjaga Amanah yang diberikan dan menjaga nama baik BMT CENGKARENG dalam melakukan tugas, terutama yang

berkaitan dengan pihak luar

3.3 Tersosialisasinya produk-produk funding BMT CENGKARENG3.3.1. Melakukan promosi dan sosialisasi atas aktivitas BMT CENGKARENG serta prosuk-produk yang ada di BMT CENGKARENG

3.3.2. Mengusulkan produk-produk yang menarik yang berkaitan dengan aktivitas BMT CENGKARENG dalam rangka

mendukung penggalangan dana di BMT CENGKARENG

4. WEWENANG

4.1 Memberi usulan untuk pengembangan produk funding kepada manajer
4.2 Mensosialisasikan produk funding BMT CENGKARENG untuk keperluan penghimpunan dan BMT CENGKARENG
4.3 Melakukan funding sesuai dengan tugas/target yang diberikan
4.4 Mengevaluasi target penghimpunan dana  dan pembiayaan BMT CENGKARENG.

REMEDIAL

1. FUNGSI UTAMA JABATAN

Melakukan tindakan penanggulangan pembiayaan bermasalah.

2. TANGGUNG JAWAB

2.1 Memastikan tertanggulanginya seluruh debitur  pembiayaan yang bermasalah.
2.2 Terhimpunnya dana angsuran pembiayaan dari debitur bermasalah.

3. TUGAS POKOK

3.1 Melakukan identifikasi debitur bermasalah (Kurang lancar, Diragukan, dan Macet).
3.2 Menyusun rencana strategi dan target penganggulangan pembiayaan bermasalah harian, Mingguan dan Bulanan.
3.3 Melakukan langkah penanggulangan pembiayaan bermasalah kepada debitur.
3.4 Membuat laporan hasil kerja secara periodik Bulanan dan sesuai kebutuhan.

4. WEWENANG

4.1 Mengusulkan kepada Manager Marketting cq. General Manager terhadap proses Reschdulling/ Restructuring/Reconditioning dan kebijakan lain daklam hal penyelesaian pembiayaan bermasalah.
4.2 Melakukan langkah penyelesaian pembiayaan bermasalah sesuai prosedur yang berlaku.
4.3 Memberikan saran dan pendapat tentang strategi dan langkah penyelesaian bermasalah.
4.4 Menerima setoran angsuran pembiayaan dari debitur bermasalah dan menyetorkannya kepada Bagian operasional.

ADMINISTRASI PEMBIAYAAN

1. Fungsi Utama Jabatan

Mengelola administrasi pembiayaan mulai dari pencairan hingga pelunasan dan membuat surat-surat perjanjian lain.

2. Tanggung Jawab

2.1 Penyiapan administrasi pencairan pembiayaan(dropping).
2.2 Pengarsipan seluruh berkas pembiayaan.
2.3 Pengarsipan jaminan pembiayaan
2.4 Peneriamaan angsuran dan pelunasan pembiayaan.
2.5 Penyiapan kupon dan kontrol terhadap kupon
2.6 Pembuatan laporan pembiayaan sesuai dengan periode laporan.
2.7 Membuat surat teguran dan peringatan kepada mitra yang akan dan telah jatuh tempo.
2.8 Membuat surat-surat perjanjian dengan pihak lain.

3. Tugas-tugas Pokok

  1. Penyiapan administrasi pencairan pembiayaan (dropping) dan melakukan proses dropping.
a.1 Memeriksa kelengkapan administrasi mitra yang akan di dropping.
a.2 Membuat akad pembiayaan, tanda terima jaminan, kartu angsuran dan pengawasan, kupon pembiayaan ( untuk yang harian).
a.3 Membaca aqad kepada mitra pembiayaan
a.4 Mengisikan buku registrasi mitra pembiayaan secara lengkap dengan data dari APP dan SPP.
  1. Pengarsipan seluruh berkas pembiayaan
b.1 Memeriksa kelengkapan administrasi untuk diarsipkan.
b.2 Mengarsipkan aqad pembiayaan serta berkas pendukung lainnya sesuai dengan nomor rekening.
b.3 Menyimpan kartu pengawasan sesuai dengan nomor urut/nomor rekening mitra pembiayaan.
b.4 Hanya mengeluarkan berkas pada saat dibutuhkan dengan bukti catatan pengeluaran dan memastikan berkas yang telah selesai digunakan telah dikembalikan pada tempatnya.
  1. Pengarsipan Jaminan
c.1 Memastikan jaminan telah diperiksa dan disetujui pihak yang berwenang (AO dan Manager) dengan bukti tanda tangan yang tertera pada lembar penerimaan jaminan.
c.2 Memberikan lembaran Tanda Terima Jaminan Asli kepada mitra, dan mencatatnya pada buku registrasi jaminan.
c.3 Menyimpan Tanda Terima Jaminan copy dengan surat jaminan ke dalam brankas jaminan.
c.4 Mengeluarkan jaminan apabila diperlukan atas sepengetahuan manager secara tertulis.
c.5 Melakukan kontrol atas jaminan-jaminan yang ada.
  1. Penerimaan angsuran dan pelunasan pembiayaan.
d.1 Menerima angsuran dan mencatatnya kedalam buku/kartu pengawasan pembiayaan.
d.2 Menyesuaikan kartu angsuran mitra dengan kartu pengawasan yang ada.
d.3 Meneliti/menghitung kembali sisa hutang mitra, untuk mitra yang akan melakukan pelunasan.
d.4 Menerima setoran dari petugas kolektor
d.5 Membantu pengisian setoran dari kolektor dan meneliti setoran yang masuk sesuai dengan jumlah kupon yang dikeluarkan.
  1. Penyiapan kupon dan kontrol  terhadap kupon
e.1 Menyiapkan kupon apabila petugas kolektor akan berangkat.
e.2 Membuat daftar kupon yang dikeluarkan dan dikembalikan.
e.3 Melakukan pengecekan apabila terjadi selisih kupon antara yang seharusnya ada (tersisa) dengan yang tersisa.
  1. Pembuatan Laporan pembiayaan sesuai dengan periode laporan.

f.1  Membuat laporan pembiayaan bulanan yang terdiri dari :

f.2.1 Laporan dropping per Bulan dan total dropping selama setahun.
f.2.2 Laporan lengkap PYD dan mutasinya.
f.2.3 Laporan PYD yang akan jatuh tempo.
f.2.4 Laporan kolektibilitas (tingkat kelancaran pembiayaan).
f.2.5 Laporan prestasi AO ( capaian target AO).
f.2.6 Dan lain-lain

f.2   Laporan PYD Pekanan

f.2.1 Daftar mitra yang harus ditagih.
f.2.2 Daftar mitra yang akan dan telah jatuh tempo pada pekan tersebut.
  1. Membuat surat teguran dan  peringatan  kepada mitra yang akan dan telah jatuh tempo
g.1 Membuat dan mengirimkan surat teguran pada mitra yang telah jatuh tempo
g.2 Membuat dan mengirimkan surat peringatan pada mitra yang akan jatuh tempo
g.3 Melakukan kontrol atas tindak lanjut surat pemberitahuan dan peringatan yang dikirimkan kepada mitra
  1. Membuat surat-surat perjanjian dengan pihak lain.
h.1 Membuat surat/aqad perjanjian pembiayaan maupun perjanjian lainnya.

4. Wewenang

4.1 Memberikan nomor rekening mitra pembiayaan.
4.2 Melakukan pengamanan atas data-data pembiayaan serta arsip-arsip pendukung.
4.3 Mengeluarkan laporan resmi mengenai perkembangan pembiayaan atas persetujuan manager.
4.4 Tidak memberikan berkas/arsip kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
4.5 Ikut memberikan konstribusi/usulan dalam rapat komite.

KOLEKTOR

1. FUNGSI UTAMA JABATAN

Melakukan penjemputan setoran simpanan dan atau angsuran pembiayaan.

2. Tanggung Jawab

  1. Memastikan angsuran yang harus dijemput telah ditagih sesuai dengan waktunya.
  2. Memastikan tidak ada selisih antara dana yang dijemput dengan dana yang disetorkan ke BMT CENGKARENG.

3. Tugas-tugas Pokok

  1. Memastikan angsuran yang harus dijemput telah ditagih sesuai dengan waktunya.

a.1.Membuat rencana /jadwal kolekting harian, mingguan, dan bulanan.

a.2.Menyiapkan peralatan administrasi yang dibutuhkan untuk menjemput simpanan/angsuran pembiayaan.

  1. Memastikan tidak ada selisih antara dana yang dijemput dengan dana yang disetorkan ke BMT CENGKARENG.

b.1.Menghitung seluruh uang yang dijemput.

b.2.Membuat daftar angsuran seluruh mitra yang menyetorkan uangnya.

b.3.Menyerahkannya kepada teller, dan memastikan seluruh setoran tidak ada yang tertinggal dan tidak   terjadi selisih antara catatan dengan uang yang diserahkan.

3. Wewenang

Menerima setoran atas nama BMT CENGKARENG terhadap mitra-mitra pembiayaan maupun mitra penyimpan (sesuai dengan kebijakan yang ada).

TELLER

1.Fungsi Utama Jabatan

Merencanakan dan melaksanakan segala transaksi yang sifatnya tunai.

2.Tanggung Jawab

2.1 Terselesaikannya laporan kas harian
2.2 Terjaganya keamanan kas
2.3 Tersedianya laporan cashflow pada akhir bulan untuk keperluan evaluasi.

3.Tugas-tugas Pokok

a. Terselesaikannya laporan kas harian.

a.1 Menerima dan mengeluarkan transaksi tunai sesuai dengan batas wewenang
a.2 Melakukan pengesahan pada bukti transaksi baik paraf maupun validasi.
a.3 Menyusun bukti-bukti transaksi keluar dan masuk dan memberikan nomor bukti.
a.4 Membuat rekapitulasi transaksi masuk dan keluar dan meminta validasi dari pihak yang berwenang.
a.5 Melakukan cross check antara rekapitulasi kas dengan  mutasi vault dan neraca.

b. Terjaganya keamanan kas

b.1 Melakukan penghitungan kas pada pagi dan sore hari saat akan dimulainya hari kerja dan akhirnya hari kerja yang harus disaksikan oleh petugas yang berwenang.
b.2 Meneliti setiap ruang masuk akan keaslian uang agar terhindar dari uang palsu.
b.3 Menjaga ruang dari pihak yang tidak berkepentingan.
b.4 Mengarsipkan laporan mutasi vault pada tempat yang aman.
b.5 Melakukan cross check antara vault dengan nearaca dan rekapitulasi kas.

c. Tersedianya laporan cashflow pada akhir bulan untuk keperluan evaluasi.

c.1 Membuat laporan kas masuk dan keluar pada setiap akhir bulan untuk setiap akun-akun yang penting.
c.2 Meminta pengesahan laporan cashflow dari yang berwenang sebagai laporan yang sah.

4. Wewenang

4.1 Menerima transaksi tunai dari transaksi-transaksi yang terjadi di BMT CENGKARENG
4.2 Memegang kas tunai sesuai dengan kebijakan yang ada.
4.3 Mengeluarkan transaksi tunai pada batas nominal yang diberikan atau atas persetujuan yang berwenang.
4.4 Menolak pengeluaran kas apabila tidak ada bukti-bukti pendukung yang kuat.
4.5 Mengetahui kode brankas tetapi tidak memegang kuncinya ataupun sebaliknya.
4.6 Meminta pertanggungjawaban keuangan kas kecil jika batas waktu pertanggungjawaban telah tiba.

CUSTOMER SERVICE

1. Fungsi umum Jabatan

Memberikan pelayanan prima kepada mitra sehubungan dengan produk funding (penghimpuan dana) yang dimiliki oleh BMT CENGKARENG dalam hal ini tabungan (simpana lancar) dan deposito (simpanan berjangka).

2. Tanggung Jawab

2.1 Pelayanan terhadap pembukaan dan penutupan rekening  tabungan dan deposito serta mutasinya.
2.2 Pengarsipan tabungan dan deposito.
2.3 Penghitungan bagi hasil dan pembukuannya.
2.4 Pelaporan tentang perkembangan dana masyarakat.

3.Tugas-Tugas Pokok

a.Pelayanan terhadap pembukaan dan penutupan rekening  tabungan dan deposito serta mutasinya

a.1 Menerima mitra dan memberikan penjelasan mengenai produk dan deposito yang ada di BMT CENGKARENG.
a.2 Membuatkan buku dan memberikan nomor  rekening kepada mitra yang baru.
a.3 Membuatkan warkat deposito dan memberikan nomor deposito.
a.4 Melakukan/membuat registrasi tabungan dan deposito baik dikomputer maupun di buku registrasi.
a.5 Melakukan pemindahbukuan tabungan/deposito apabila diperlukan atas persetujuan yang berwenang.

b. Pengarsipan tabungan dan deposito.

b.1 Melakukan pengarsipan untuk permohonan tabungan dan deposito pada binder khusus sesuai tanggal.
b.2 Melakukan pengarsipan untuk kartu tabungan sesuai dengan nomor rekening.
b.3 Melakukan pengarsipan atas warkat deposito sesuai dengan nomor rekening.
b.4 Melakukan pengarsipan untuk berkas bagi hasil sesuai dengan bulan

c. Penghitungan bagi hasil dan pembukuannya.

cb.1 Me lakukan penghitungan bagi hasil harian atau akhir bulan (tanpa software)
c.2 Melakukan pendistribusian bagi hasil (khusus untuk yang tanpa software)

d. Pelaporan tentang perkembangan dana masyarakat.

3.1 Menrbitkan laporan deposito yang akan jatuh tempo.
3.2 Menerbitkan laporan perkembangan / pertumbuhan penabung/deposan serta dana yang dihimpun.
3.3 Menrbitkan laporan perbandingan rencana dan realisasi target capaian funding

4. Wewenang

4.1 Memotong biaya administrasi bagi tabungan yang tidak bermutasi 6 bulan ( atau sesuai dengan kebijakan )
4.2 Menutup rekening secara otomatis untuk rekening-rekening yang saldo nominalnya dibawah saldo minimum.
4.3 Melakukan pemindahbukuan untuk kasus-kasus tertentu yang telah ada kebijakannya.

PEMBUKUAN

1. Fungsi Utama Jabatan

Mengelola administrasi keuangan hingga ke pelaporan keuangan.

2. Tanggung Jawab

2.1 Pembuatan laporan keuangan.
2.2 Pengarsipan laporan keuangan dan berkas-berkas yang berkaitan secara langsung dengan keuangan.
2.3 Menyiapkan laporan-laporan untuk keperluan analisis keuangan lembaga.

3. Tugas-Tugas Pokok

a. Pembuatan laporan keuangan.

a.1 Membuat laporan keuangan harian meliputi neraca dan laba rugi
a.2 Membuat laporan keuangan akhir bulan, cashflow dan buku besar.
a.3 Menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk keperluan analisis perusahaan

b. Pengarsipan laporan keuangan dan berkas-berkas yang berkaitan secara langsung dengan keuangan

b.1 Mengarsipkan seluruh berkas keuangan sesuai dengan kebijakan pengarsipan yang digunakan.
b.2 Menjaga keamanan arsip dan memastikan bahwa seluruh arsip terjaga keamannya dengan baik.

c. Menyediakan data-data yang dibutuhkan untuk keperluan analisis perusahaan

c.1 Membuat perincianbiaya dan pendapatan bulanan
c.2 Melakukan analisis khususnya untuk biaya operasional menyangkut dengan tingkat efisiensi.

4. Wewenang

4.1 Mengarsipkan dan mengamankan bukti-bukti pembukuan / transaksi.
4.2 Meminta kelengkapan administrasi pada pertanggungjawaban keuangan.
4.3 Tidak memberikan berkas/arsip kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan
4.4 Menerbitkan laporan keuangan atas persetujuan manajer untuk keperluan publikasi .

PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI (LITBANGTI)

1. Fungsi Utama Jabatan

Melakukan penelitian dan pengembangan terhadap produk, kegiatan, strategi, pengorganisasian dan segala bentuk  operasional lembaga serta teknologi informasi dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga BMT CENGKARENG Mardlotillah.

2. Tanggung Jawab

2.1 Pembuatan laporan evaluasi tentang produk, kegiatan, strategi, pengorganisasian dan segala bentuk  operasional lembaga
2.2 Melakukan maintenance (pemeliharaan) terhadap seluruh sarana/ fasilitas teknologi informasi.
2.3 Menyusun rencana dan usulan solusi peningkatan kualitas lembaga BMT CENGKARENG Mardlotillah.

3. Tugas-Tugas Pokok

3.1 Membuat laporan dan evaluasi produk, kegiatan, strategi, pengorganisasian dan segala bentuk  operasional lembaga secara periodik setiap 4 Bulan (Catur Wulan).
3.2 Melakukan pemeliharaan sarana /fasilitas Teknologi informasi seperti; Komputer, Note book, Printer, Proyektor dan sarana lainnya secara periodik Bulanan dan atau sesuai kebutuhan.
3.3 Menyusun rencana dan solusi peningkatan kualitas lembaga BMT CENGKARENG Mardlotillah setiap Catur wulan.
3.4 Memberi saran/ pendapat baik diminta maupun tidak diminta dalam rangka peningkatan kualitas lembaga BMT CENGKARENG Mardlotillah sesuai kebutuhan.

4. Wewenang

4.1 Mengusulkan rencana dan solusi peningkatan kualitas lembaga BMT CENGKARENG Mardlotillah setiap Catur wulan.
4.2 Mengusulkan rencana kebutuhan sarana/ fasilitas Informasi teknologi
4.3 Meminta kelengkapan laporan dan administrasi lembaga guna keperluan penelitian dan pengembangan lembaga.

KEPALA BAGIAN ADMINISTRASI LEGAL DAN PERSONALIA

Fungsi Utama Jabatan

Merencanakan, mengarahkan, mengontrol serta mengevaluasi seluruh aktivitas dibidang administrasi, legal dan personalia yang berhubungan dengan pihak internal dan eksternal dan meningkatkan profesionalitas SDM BMT CENGKARENG.

Tanggung Jawab

  1. Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang berkaitan dengan angsuran pembiayaan.
  2. Terselenggaranya administrasi pembiayaan dari pencairan hingga pelunasan.
  3. Terselenggaranya akad/legalitas pembiayaan serta perjanjian lainnya.
  4. Terselenggaranya tertib administrasi personalia dan pengembangan SDM.

Tugas-Tugas Pokok

  1. Terevaluasi dan terselesaikannya seluruh permasalahan yang berkaitan dengan angsuran pembiayaan.

a.1 Monitoring dan supervisi permasalahan pembiayaan.

a.2 Mencari dan memberikan solusi dari permasalahan pembiayaan yang ada.

  1. Terselenggaranya administrasi pembiayaan dari pencairan hingga pelunasan.

b.1 Memerikasa kelengkapan administrasi pembiayaan

b.2 memonitor proses pencairan.

b.3 Mengevaluasi proses pelunasan dari pembiayaan yang telah dicairkan.

  1. Terselenggaranya akad/legalitas pembiayaan serta perjanjian lainnya.

c.1 Memeriksa kelengkapan akad pembiayaan.

c.2 Memonitor proses penandatanganan akad pembiayaan.

  1. Terselenggaranya tertib administrasi personalia dan pengembangan SDM.

d.1 Merencanakan pengembangan SDM.

d.2 Mengevaluasi sistem absensi, penggajian, dan cuti.

d.3 Mensupervisi peraturan kekaryawanan.

Wewenang

  1. Mengeluarkan biaya admin. legal & personalia rutin dalam batas wewenang.
  2. Mengajukan biaya operasional dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan dibidang admin. legal & personalia kepada manajer untuk dipertimbangkan.
  3. Melakukan kontrol terhadap kehadiran karyawan.
  4. Memeriksa seluruh laporan dalam bidang admin.legal & personalia
  5. Menegur karyawan bidang admin. legal & personalia apabila bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  6. Memberikan masukan dan membantu bagian admin legal & personalia lainnya yang memrlukan bantuan, dalam kapasitasnya sebagai kabag. Admin. legal & personalia.

4 thoughts on “Jobdesk Manajemen BMT Cengkareng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s