BMT : Lembaga Keuangan Solutif

BMT CSM OKUsaha mikro / kecil merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia saat ini. Tidak kurang dari 48 juta usaha kecil yang menggerakan roda ekonomi. Dan, umat muslim mendominasi terbesar dari jumlah tersebut. Artinya umat muslim sebagai mayoritas penduduk di negeri ini ternyata terbelakang dari segi ekonomi (diakui atau tidak). Hal tersebut bukan karena mereka malas berusaha, akan tetapi sulitnya mereka mendapatkan peluang / akses permodalan untuk menggerakan dan mengembangkan usaha yang mereka kelola.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lembaga keuangan yang ada dalam hal ini perbankan (khususnya yang ribawi), yang diharapkan mampu menghilangkan hambatan tersebut, ternyata ’hanya’ berpihak pada usaha-usaha besar yang telah memenuhi standar kelayakan versi mereka (bankable) diantaranya harus memiliki jaminan. Bahkan perbankan terkesan ”ogah’ berurusan dengan usaha kecil, terbukti dengan membatasi minimal pembiayaan yang diberikan, kalaupun ada itu hanya sebatas hubungan komersil semata (kreditur & debitur). Padahal tidak sedikit usaha kecil yang hanya butuh beberapa juta, bahkan beberapa ratus ribu (bukan puluhan juta) hanya untuk mengembangkan usaha mereka, seperti usaha kelontongan, warung tenda, tukang sayur, pedagang keliling, pedagang jamu bakul, pedagang nasi uduk, bahkan pemulung, dll. Hanya dengan tambahan modal ’sedikit’ tersebut, mereka mampu menghidupi keluarga, menyekolahkan anak, menggaji karyawan dan berzakat tentunya.

Sehingga tidak heran ketika butuh modal untuk usaha, mereka berhubungan ke rentenir yang memberikan segala kemudahan akses permodalan, dengan bunga amat sangat besar tentunya (10%-30%/bulan!). Alih-laih usaha mereka bisa berkembang dengan bunga sebesar itu, malah harta yang ada bisa beralih tangan ke para rentenir tersebut. Ini adalah fakta nyata di depan mata kita !
Untuk itulah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) hadir di tengah-tengah usaha kecil muslim, guna menjawab permasalahan mereka. BMT CSM adalah sebuah lembaga keuangan mikro syariah yang menjalankan fungsinya berdasarkan syariah Islam. Dengan misi pemberdayaan usaha umat, diharapkan menjadi solusi umat agar terhindar dari kegiatan ribawi (rentenirisasi usaha & eksploitasi manusia) dalam memenuhi modal peningkatan usaha dan kebutuhan hidup.

Alhamdulillah, kini telah tumbuh kesadaran berbagai pihak terhadap pentingnya peran BMT dalam pemerataan modal usaha yang berbasiskan keadilan. Terbukti dengan makin banyak kelompok / komunitas masyarakat yang mempercayakan dananya untuk dikelola oleh BMT. Bahkan kini tidak sedikit BMT-BMT baru yang muncul, hasil dari kesadaran dan swadaya masyarakat.
Salah satunya adalah BMT Cengkareng Syariah Mandiri (BMT CSM) yang berada di barat Jakarta. LKMS yang dikelola oleh tenaga-tenaga muda alumni universitas negeri terkemuka Jakarta (UIN,UI,UNJ) yang menjunjung tinggi nilai-nilai amanah dan profesionalisme usaha, telah menunjukan peran sosial ekonomi yang cukup signifikan bagi umat. Hal ini dibuktikan dalam kurun waktu yang relative singkat (Sejak 2006) dan hanya dengan modal awal 60 juta rupiah, lebih dari 1000 Usaha Kecil Muslim yang telah merasakan sentuhannya melalui pembiayaan Muamarah (Mudah, Murah, Murni syariah) dengan perguliran dana hampir mencapai 3000 juta rupiah. BMT CSM merupakan salah satu BMT yang ada di Bumi Pertiwi ini yang menorehkan kiprahnya di blantika Usaha Kecil Muslim. Bahkan masih banyak yang lebih dari apa yang telah dilakukan oleh BMT CSM.

Namun disadari dengan sepenuh hati bahwa fakta tersebut masih jauh dari keberhasilan, secara kualitas maupun kuantitas, karena ini adalah sebuah proses yang tak pernah tuntas. Tapi dengan dukungan dan kepercayaan dari berbagai pihak, yakinlah lembaga “kecil” ini mampu melakukan hal yang besar, dengan kesungguhan & dukungan yang besar dari semua pihak pula tentunya. Sehingga visi BMT sebagai lembaga keuangan SOLUTIF bagi Usaha Kecil Muslim dapat terwujud.
Bagaimana menurut rekan2 semuanya ?🙂

Nur Juli Zar
(Pendiri & CEO BMT Cengkareng Syariah Mandiri)
081808384330

One thought on “BMT : Lembaga Keuangan Solutif

  1. AssalamualaikumWrWb
    Telah banyak Lembaga2 keuangan yang berpihak pada Pengusaha kecil di Indonesia spt BMT,koperasi yang telah ber diri sejak Indonesia merdeka
    Tapi perekonomian Indonesia tidak maju2,masih banyak yang miskin di Indonesia
    Kenapa??karena penegakan hukum Indonesia tidak tegas,tidak jalan,plin plan
    Biarpun banyak banyak lulusan Luar Negri di Indonesia tapi jika sistem lingkungan Indonesia masih seperti itu(Hukum tidak tegas) toh Ind masih spt itu juga
    Bahkan pelajar Ind di Luar Negri bisa frustrasi kembali ke negara nya
    Tapi bagaimana pun saya sangat menghargai usaha saudara ku ini mengembang kan BMT apalagi dengan maksud mengangkat harkat dan derajat Umat Muslim
    Semoga Allah memberi Berkah kepada kita semua
    Wasalam
    SIDNEY,AUSTRALIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s